Senin, 25 September 2017

CONTOH SOAL BAHASA ARAB



SOAL UJIAN PRA SEKOLAH
TA. 2016 - 2017


1. التَّعَارُفُ وَسِيْلَةٌ لِصِلَةِ الرَّحِيْمِ
Terjemahan kalimat di atas yang tepat dalam Bahasa Indonesia adalah….
a. Perkenalan adalah jalan silaturahim
b. Perkenalan adalah menguatkan silaturahim
c. Perkenalan adalah media silaturahim
d. Perkenalan adalah banyak silaturahim
e. Perkenalan adalah hubungan silaturahim
2. بِالتَّعَارُفِ نَعْرِفُ شَخْصًا مَنْ هُوَ
Kata yang menjadi dhamir munfashil pada kalimat di atas adalah….
a. التَّعَارُفُ
b. نَعْرِفُ
c. شَخْصًا
d.هُوَ
e. مَنْ
3. أَنْتُمَا ....
Kata yang tepat untuk melengkapi dhamir munfashil diatas adalah….
a. طَالِبَانِ
b. طَا لِبَاتٌ
c. طُلاَّبٌ
d.طَالِبٌ
e. طَالِبَةٌ
4. هَلْ .... جَوَّالَتُكَ ؟
Isim isyarah yang tepat untuk menyempurnakan kalimat di atas adalah….
a.هَتَانِ
b.هَذَانِ
c .  هَذِهِ
d.هَذَا
e. ذَالِكَ
5. تِلْكَ ....
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas adalah….
a. مَكْتَبٌ
b.مَسْجِدٌ
c.  قَلَمٌ
d. شَجَرَةٌ
e.بَيْتٌ
6. أُطْلُبُ العِلْمَ  مِنَ المَهْدِ إِلَى ....
Lanjutan kalimat yang tepat sesuai yang anda pelajari adalah….
a.المَدْرَسَةِ
b. اللَّهْدِ
c.الدِّيْوَانِ
d.الصِّيْنِ
e.البَيْتِ
7. طَلَبُ العِلْمِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٌ
Isim ma`rifah yang terdapat pada kalimat adalah….
a.وَاجِبٌ
b.مُسْلِمٌ
c.عَلَى
d. العِلْمِ
e. طَلَبُ
8. السَّيَّارَةُ أَمَامَ البَيْتِ
Kata yang bergaris bawah pada kalimat di atas termasuk jenis….
a. إِسْمُ الجَرِّ
b.إِسْمُ الإِشَارَةِ
c. ظَرْفُ المَكَانِ
d.إِسْمُ النَّكِرَةِ
e.ضَمِيْرٌ مُنْفَصِلٌ
9. المُجْتَهِدُ نَاجِحٌ
Kata yang bergaris bawah pada kalimat di atas adalah sebagai….
a.ضَمِيْرٌ مُنْفَصِلٌ
b.إسْمُ الإِشَارَةُ
c.خَبَرٌ
d.مُبْتَدَأٌ
e. مُضَافٌ
10. عِنْدَ يَوْمِ العُطْلَةِ لَهُ فُرْصَةٌ ثَمِيْنَةٌ لِلَعْبِ
Kata yang berstatus sebagai mudhaf  pada kalimat di atas adalah….
a.فُرْصَةٌ
b.   يَوْمِ
c. عِنْدَ
d.لِلَعْبِ
e.ثَمِيْنَةٌ
11. هَذِهِ مَدْرَسَةٌ ....
Na`at yang tepat untuk man`ut disamping adalah….
a.  كَبِيْرَةٌ
b.الكَبِيْرُ
c.الكَبِيْرَةُ
d.كَبِيْرٌ
e. الكَبِيْرٌ
12.  هَذِهِ  مَدْرَسَةٌ جَمِيْلَةٌ جِدًّا ,Na`at pada kalimat diatas berada pada posisi ke….
a.2
b. 1
c. 3
d. 5
e. 4
13. طَبَخَتْ اُمِّيْ السّمك
Bentuk maf`ulu bih yang tepat pada kalimat diatas adalah….
a. السَّمَكْ
b. السِّمَكَ
c. السَّمَكِ
d. السَّمَكَ
e. السُّمُكْ
14. Maf`ulu bihi dalam bahasa Indonesia, bisa diartikan sebagai….
a.Predikat
b. Objek
c. Subjek
d. Kata keterangan
e. Kata tunjuk
15. يَفْتَحُ عَلِيٌّ ....
Maf`ulu bihi yang tepat untuk kalimat diatas adalah….
a.البِلاَطَ
b. الصَّحْنَ
c. المَكْتَبَ
d. الكُرْسِيَ
e. البَابَ
16. تُوُفِيَ الرَّسُوْلُ فِيْ ... مِنْ عُمْرِهِ
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas adalah….
a.السَّابِعَةُ وَ السِّتِيْنَ مِن عُمْرِهِ  
b. الرَّبِعَةُ وَالسِّتِّيْنَ مِنْ عُمْرِهِ
c. الثَّالِثَةِ وَالسِّتِّيْنَ مِنْ عُمْرِهِ
d. السَّادِسَةُ وَالسِّتِّيْنَ مِنْ عُمْرِهِ
e. الخَامِسَةُ وَ السِّتِّيْنَ مِن عُمرِهِ
17. يَا عُمَرُ ... إِلَى السُّوْقِ
Fi`il amar yang tepat untuk kalimat diatas adalah….
a.  إِذْهَبْنَ
b. إِذْهَبِيْ
c. إِذْهَبُوْا
d. إِذْهَبْ
e. إِذْهَبَا
18. Fi`il Amar أُكْتُبْ apabila dirubah menjadi dhomir أَنْتِ”, maka menjadi….
a.  أُكْتُبِيْ
b. أُكْتُبْنَ
c. أُكْتُبُوْا
d. أُكْتُبَتَا
e. أُكْتُبَا
19. "لاَتَضْرِبْ"  apabila dirubah menjadi fi`il nahyi dhomir اَنْتُمَا”, akan menjadi….
a.  لاَتَضْرِبَا
b. لاَ تَضْرِبِيْ
c. لاَ تَضْرِبُوْا
d. لاَتَضْرِبْنَ
e. لاَتَضْرِبَتَا
20. Fi`il mudhore فَتَحَ apabila dirubah menjadi fi`il madhi mabni majhuldhomir “anta” , akan menjadi….
a.    فُتِحَتَا
b. فُتِحَتْ
c.  فُتِحَ
d. فُتِحْنَ
e. فُتِحْتُمَا
21. Bahasa arabnya “kenapa” adalah….
a.   لِمَاذَا
b. كَيْفَ
c. اَيْنَ
d. مَتَى
e.هَلْ
22. Arti kata الرَّادِيُوْا adalah.…
a.  Televisi
b.  Radio
c.  Handphone
d.  Handycam
e.   Note book
23....صَاحِبًا لَكَ ؟ أَصْحَابِيْ كَثِيْرُوْنَ.
a.  مَتَى
b.  اَيْنَ
c. كَيْفَ
d. كَمْ
e.  لِمَاذَا
24. Bahasa arabnya "taksi" adalah.…
a. دَرَّاجَةٌ
b.  سَيَّارَةُ الحَافِلَة
c.  سَيّارَةُ الأُجْرَةِ
d. جَوَّالَةٌ
e.    سَفِيْنَةٌ
25....تُسَافِرُ ؟ أُسَافِرُ غَدًا إنْ شَاءَ اللهُ.
a. كَيْفَ
b.  اَيْنَ
c.  كَمْ
d. مَتَى
e.  لِمَاذَا
26. Arti kata “ ta`limiyah” adalah.…
a.  Pendidikan
b. Pengajaran
c.  Pengalaman
d.  Pendalaman
e.  Pelatihan
27. مِنْ...أَبُوْكَ ؟ أَبِيْ مِنَ الدِّيْوَانِ
a. كَيْفَ  
b.  لِمَاذَا
c.  كَمْ
d. اَيْنَ
e. مَتَى
28. Perubahan bentuk kata sifat menjadi isim tafdhil mengikuti pola (wazan)….
a.   أَفْعِلُ        
b.  أَفْعَلَ
c.  أَفْعَلُ
d. أَفْعِلَ
e.  أَفْعُلَ
29. Bahasa Arabnya “ paling besar” adalah….
a. أُنْظُرْ 
b. أُنْصُرْ
c.  أَطْوَلُ
d. أَكْبَرُ
e.  أَصْغَرُ
30. Arti kata أَصْغَرُ  adalah….
a. Paling cantik
b. Paling kecil
c. Paling besar
d. Paling besar
e. Paling panjang
31. Di bawah ini yang termasuk isim tafdhil adalah….
a.  قَرِيْبَةٌ
b.  قَرِيْبٌ
c.  قُرْبَةٌ
d. أَقْرَبُ
e.  قَرْبٌ
32. Bentuk isim maushul (kata sambung) dari mufrad mudzakar adalah….
a.  الَّذِيْ
b.  الَّذِيْنَ
c.  اللَّتَانِ
d.  الّلآتِيْ
e. الَّتِيْ
33. أَشْكُرُ إِلَى اللهِ...أَعْطَانِيْ نِعْمَةً وَهِدَايَةً   
a.  اللَّتَانِ
b.  الّلآتِيْ
c.  الَّتِيْ
d. الَّذِيْنَ
e. الَّذِيْ
34. Penggunaan  isim maushul yang paling tepat pada kalimat dibawah ini adalah….
a. مِنْ أيْنَ أَبُوْكَ
b.  اَيْنَ هِيَ تَجْلِسْ ؟
c.  جَائَتْ عَائِشَةُ الَّتِيْ كَانَـتْ مُنْتَظِرَةً
d. أَشْكُرُ الطَّبِيْبَ الَّذِيْنَ عَالَجَنِيْ
e.  لِمَاذَا أَنْتَ لاَتَأْكُلُ؟
35.أُحِبُّ فَاطِمَةَ ... تَّحْفَظُ القُرْآنَ جَيِّدًا
a. الّتِيْ
b. الَّذِيْ
c. الّذِيْنَ
d. اللَّتَانِ
e.  اللّاَتِيْ
36. Dibawah ini yang termasuk  dari salah satu 5 dhomir af`alul khomsah adalah….
a. هُوَ 
b.  أَنْتَ
c.  أَنْتُنَّ
d. نَحْنُ
e.  هُمَا
37.  أَنْتِ ... إِلَى السُّوْقِ مَعَ أُمِّكِ.
Af`alul khomsah yang sesuai dengan dhomir pada kalimat diatas adalah….
a.  تَذْهَبُ
b.  تَذْهَبِيْنَ
c.  تَذْهَبْنَ
d. تَذْهَبِيْ
e.  تَذهَبَانِ
38. ... تَقْرَأُوْنَ القُرْآنَ خَاسِعِيْنَ
Dhomir yang tepat untuk kalimat diatas adalah….
a. هُمَا
b.  اَنْتُمَا
c.  هُمْ
d. اَنْتِ
e.  اَنْتُمْ
39.  Dhomir yang tepat untuk af`alul khomsah يُسَافِرُوْنَ adalah….
a. هُمْ
b.  اَنْتُمَا
c.  اَنْتُمْ
d. هُمَا
e.  اَنْ تِ
40. Di bawah ini yang termasuk kumpulan dari huruf nasab adalah….
a. مِنْ، إِلَى، عَنْ، عَلَى، فِيْ
b. لَمْ، لَمَّا، لاَ، لِ 
c. أَنْ، لَنْ، إِذَنْ
d. أَنْتُمَا، أَنْتُمْ، أَنَا، نَحْنُ
e.  هُمَا، اَنْتُمَا، اَنْتُمْ 

41. لَنْ يُصَلِّيَ عَلِيَ ... يَسْمَعَ الآذَان. Huruf nasab yang tepat untuk kalimat disamping adalah….
a.كَيْ
b.  لِ
c.  إِذَنْ
d.  أَنْ
e.  حَتَّى
42. تُنَظِّفَ -  أُنَظِّفُ - كَيْ - حُجْرَتِيْ  . Urutan yang benar pada jumlah disamping adalah….
a.   تُنَظِّفَ كَيْ أُنَظِّفُ حُجْرَتِيْ
b.  تُنَظِّفَ كَيْ حُجْرَتِيْ أُنَظِّفُ
c.  تُنَظِّفَ حُجْرَتِيْ أُنَظِّفُ كَيْ
d.    أُنَظِّفُ تُنَظِّفَ كَيْ حُجْرَتِيْ
e.  تُنَظِّفَ كَيْ حُجْرَتِيْ أُنَظِّفُ

43. Dibawah ini huruf  nashab yang mempunyai arti “ tidak akan” adalah….
a. إِنَّ  
b.  كَيْ
      c.  لأَنْ
d. إِذَنْ
e.  لَنْ
44. Arti huruf  إِذَنْ   adalah….
a. hendaklah
b.  jadi
c.  belum
d. jangan
e. supaya
45.  Huruf حَتَّى” mempunyai arti….
a.hendaklah
b. jangan
c. menjadi
d. supaya
e.  sehingga
46. Kumpulan huruf Jazm yang paling tepat  dibawah ini adalah….

a. لَمْ، لَمَّا، لاَ، لِ 
b.   أَنْتُمَا، أَنْتُمْ، أَنَا، نَحْنُ
c.  مِنْ، إِلَى، عَنْ، عَلَى، فِيْ
d. هُمَا، اَنْتُمَا، اَنْتُمْ 
e.  أَنْ، لَنْ، إِذَنْ
47.  Huruf Jazm yang mempunyai arti “jangan” adalah….
a. لِ  
b.  لاَ
c.  لَمْ
d. كَيْ
e.  لَمَّا
48.  Apabila af`alul khomsah bertemu dengan huruf  jazm, maka cara menulisnya adalah….
a.لِيَدْخُلْ
b.  لاَتَقْرَأْ
c.  لَمَّا تَجْلِسْ
d. لاَ تَخْرُجُ
e.  لَمْ يَأْكُلاَ
49. ... إِنَّ اللهَ مَعَنَا  
Fi`il mudhore yang tepat untuk kalimat diatas adalah….
a. لاَتَقْرَأْ  
b.  لاَتَنْظُرْ
c. لاَتُرِيْد
d. لاَتَبْكِيْ
e.  لاَتَحْزَنْ
50. Fi`il mudhore يَأْكُلُ  , Apabila bertemu dengan huruf jazm لَمْ maka tulisannya akan berubah menjadi….
a.    لَمْ يَأْكُلُ
b.  لَمْ يَأْكُلاَ
c.  لَمْ يَأْكُلْ
d. لَمْ يَأْكُلاَنِ
e.  لَمْ يَأْكُلُوْنَ

6 komentar:

CONTOH SOAL BAHASA ARAB IDHAFAH DAN MUBTADA KHOBAR

1. Analisalah kalimat di bawah ini dan identifikasikan mana mudhaf dan mana mudhaf ilaihnya ! مُضَافٌ إِلَيْهِ ...